Sabtu, 31 Juli 2010

Keindahan Warna dari Bebagai Kepiting

Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari infraordo Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax).
 Tubuh kepiting itu sendiri dilengkapi dengan kreangka luar yang sangat keras, dipersenjatai dengan sepasang capit, dan tubuhnya tersusun dari kitin. Kepiting terdapat diseluruh samudera dunia. Banyak jenis kepiting yang hidup dalam air dan darat. Ada kepiting yang hidup di air asin, di air tawar, ada pula yang hidup di darat, khusunya di wilayah tropis. Kepiting Brachyura termasuk kepiting keetam, dan rajungan.

Seekor kepiting sejati akan mempunyai lima pasang kaki, dan sepasang kaki yang pertama akan dimodifikasi menjadi sepasang capit dan tidak digunakan lagi untuk bergerak. Bagian mulut kepiting tertutupi oleh Maxilliped yang rata dan bagian depan dari carapace tidak membentuk sebuah rostrum yang panjang. Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih ("phyllobranchiate"), mirip dengan insang udang, namun dengan struktur yang berbeda.













Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...