Jumat, 22 Oktober 2010

Pada Perang Dunia Ke II, Indonesia merupakan Negara Dengan Korban Warga Sipil Terbesar Ke-4

Awal mula kenapa ane nulis trit ini, karena sebelumnya ane abis nonton film The Pacific, (kalo ada yg belum tau atau belum nonton, the pasific ini film miniseri (10 episode) ttg perang dunia II di daerah pasifik yang berakhir dengan menyerahnya jepang ketangan sekutu.

Abis nonton, ane jadi penasaran dengan berapa banyak jumlah korban warga sipil Jepang yang tewas akibat dari bom atom dan sepanjang perang dunia ke-2. Ane nemuin kalo warga sipil Jepang yang gugur sebanyak 600 Ribu jiwa.

Yang bikin ane kaget, ane juga nemu kalo sepanjang Perang Dunia ke-2 Negara kita merupakan Negara terbesar ke-4 dengan jumlah korban warga sipil sebanyak 4 Juta Jiwa. Dengan perkiraan jumlah penduduk saat itu 75 Juta jiwa.

miris ane gan kalo ngebayangin kehidupan rakyat Indonesia sebelum merdeka, mereka ga bisa sesenang kaya hidup kita sekarang, mungkin hampir sama dengan kehidupan warga2 negara yang belum merdeka saat ini, contohnya hampir sama dengan negara Palestina mungkin.

Tapi ane juga bersyukur gan ane lahir dan hidup setelah negara kita merdeka, ga susah kaya dulu, walopun kata orang negara kita belum merdeka dari kemiskinan, ane tetap aja bangga jadi warga Indonesia , tinggal gimana ane bisa bikin Indonesia yang bangga ama ane. Walopun itu susah dan perlu kerja keras bagi ane, ane mau mulai aja dari lingkungan ane sendiri (keluarga), gimana supaya keluarga ane bangga ama ane. pengennya gitu sih walopun sekarang belum terpenuhi sepenuhnya (koq jadi kaya curhat y )

Balik lagi perang dunia ke-2, dengan besarnya perang tersebut pastinya juga ikut membawa korban dengan yang jumlah besar. Berikut ini daftar 10 Negara Terbesar dengan jumlah korban warga sipil terbanyak (jiwa)


1. Uni Soviet ± 12,5 Juta
2. China ± 7 Juta
3. Polandia ± 5,2 Juta
4. Indonesia ± 4 Juta
5. Jerman ± 2 Juta
6. India ± 1.5 Juta
7. Indocina Perancis (Vietnam, Kamboja, Laos) ± 1 Juta
8. Jepang ± 600 Ribu
9. Yugoslavia ± 500 Ribu
10. Perancis ± 260 Ribu
Sedangkan Negara2 dengan jumlah korban tentara terbanyak (jiwa)

1. Uni Soviet ± 10.7 Juta
2. Jerman ± 5.5 Juta
3. Cina ± 3 Juta
4. Jepang ± 2 Juta
5. Yugoslavia ± 446 Ribu
6. Amerika Serikat ± 407 Ribu
7. Polandia ± 400 Ribu
8. Inggris ± 382 Ribu
9. Rumania ± 316 Ribu
10. Italia ± 306 Ribu
11. Hungaria ± 300 Ribu
12. Perancis ± 212 Ribu
Sumber perkiraan jumlah korban perang dunia ke-2: Wikipedia

Kalo dibikin grafik seperti gambar dibawah ini gan..


gambar diambil dari Wikipedia dan dibuat oleh: TheShadowed

Sumber : http://zona-candu.blogspot.com/2010/10/di-perang-dunia-ii-indonesia-merupakan.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...