Kamis, 12 Agustus 2010

7 Galaksi Terindah Di Luar Angkasa

1. The Sombrero Galaxy


Galaksi Sombrero (juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594) adalah sebuah galaksi spiral di konstelasi Virgo. M104 adalah galaksi utama dalam kelompok galaksi M104. Dari Bumi galaksi ini tampak seperti topi sombrero. Ditemukan pada akhir tahun 1700-an, kemungkinan besar oleh Pierre Méchain, yang menyebutnya sebagai penemuan pada sebuah surat tertanggal 6 Mei 1783. Secara terpisah M104 juga ditemukan oleh William Herschel pada 9 Mei 1784.


2. Black Eye Galaxy


Galaksi spiral di konstelasi Coma Berenices, messier 64, yang terkenal “Black Eye” galaksi atau “Sleeping Beauty galaksi,” memiliki spektakuler band yang gelap menyerap debu di depan cerah dari inti galaksi. Hal ini dikenal di kalangan amatir astronomers karena tampilan di teleskop kecil.

3. 2MASX J00482185-2507365 occulting pair


The 2MASX J00482185-2507365 occulting pasangan adalah sepasang tumpang tindih spiral galaksi ditemukan di sekitar NGC 253, yang pengukir Galaxy. Kedua galaksi yang lebih jauh daripada NGC 253, dengan latar belakang galaksi, 2MASX J00482185-2507365, letaknya di redshift z = 0,06, dan latar depan galaksi NGC lying antara 253 dan latar belakang galaksi (0,0008 <0,06). Sepasang galaksi ini menyajikan distribusi galactic debu diluar terlihat dari lengan spiral galaksi. Sekarang mana yang tidak terduga dari debu melebihi batas starry dari senjata, baru menunjukkan daerah extragalactic untuk belajar astronomi. Yang berdebu lengan memperpanjang 6 kali dari starry senjata dari galaxy, dan akan muncul silhouetted gambar di HST terhadap pusat dan inti bagian belakang galaksi.

4. The Whirlpool Galaxy


Juga dikenal sebagai messier 51a, M51a, atau NGC 5194, yang Whirlpool Galaxy merupakan interaksi grand-desain spiral galaksi terletak pada jarak sekitar 23 juta tahun cahaya di konstelasi Canes Venatici. Ia adalah salah satu yang paling terkenal dari spiral galaksi di langit. The galaxy dan handai (NGC 5195) yang mudah diamati oleh amatir astronomers, dan dua galaksi bahkan dapat dilihat dengan teropong. Whirlpool Galaxy yang juga merupakan target yang populer untuk profesional astronomers, yang belajar untuk lebih memahami struktur galaksi (terutama yang berhubungan dengan struktur lengan spiral) dan interaksi galaksi.

5. Grand spiral galaxy


Juga dikenal sebagai NGC 123, ini menarik galaksi didominasi oleh jutaan bintang terang dan gelap debu, tertangkap di atas sebuah gravitational lingkar lengan spiral yang memutar tentang pusat. Buka kelompok berisi bintang biru terang dapat dilihat sprinkled sepanjang lengan spiral ini, sedangkan gelap Lanes antar debu yang padat dapat dilihat sprinkled antara mereka. Kurang terlihat, tetapi detectable, adalah milyaran bintang redup normal dan luas dari antar tracts gas, sama seperti wielding tinggi massa yang mendominasi dinamika inti galaksi. Kelihatan bahkan lebih besar dalam hal jumlah formulir kita belum tahu – yg dpt menembus gelap hal yang diperlukan untuk menjelaskan gerakan yang terlihat di luar galaksi.

6. Supernova 1987A


Dua dekade lalu, astronomers bernoda salah satu bintang exploding cerdas di lebih dari 400 tahun: sebuah bintang mati, yang disebut Supernova 1987A. Gambar ini menunjukkan seluruh wilayah di sekitar Supernova. Fitur yang paling menonjol dalam foto tersebut cincin dengan puluhan titik terang. J shock gelombang bahan UNLEASHED oleh termasyhur ledakan adalah slamming ke daerah di sepanjang cincin dari wilayah batin, pemanasan mereka, dan menyebabkan mereka untuk berseri. Cincin, sekitar satu tahun di seluruh cahaya, mungkin kandang dengan bintang-bintang sekitar 20.000 tahun sebelum meledak. Dalam beberapa tahun ke depan, seluruh ring akan kobaran karena menyerap seluruh kekuatan yang crash. Glowing cincin yang diharapkan menjadi cukup terang untuk menerangi bintang dari lingkungan, astronomers dengan memberikan informasi baru tentang cara bintang diusir bahan sebelum ledakan. Foto diambil pada bulan Desember 2006 dengan Tingkat lanjut dari Kamera Hubble untuk Survei. (Kredit: NASA, ESA, dan R. Kirshner; Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics)

7. Galaxy NGC 1512


Menghalangi beberapa spiral galaksi terletak 30 juta tahun cahaya jauh terhadap konstelasi Horologium, Galaxy NGC 1512 adalah cukup terang untuk dilihat dengan teleskop amatir. The galaxy adalah 70.000 tahun cahaya di seluruh, yang hampir sebagai besar kita sendiri sebagai Milky Way galaxy. Inti dari galaksi yang luar biasa bagi para “circumnuclear” starburst cincin, yang merupakan sebuah lingkaran bintang muda dari kelompok yang spans beberapa tahun cahaya di 2400. Galaxy “starbursts” episode yang kuat dari pembentukan dan bintang yang baru ditemukan di berbagai galaksi lingkungan.

Sumber : http://mal96.wordpress.com/2010/08/09/7-galaksi-terindah-di-alam-semestapic/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...